Minggu, 04 Maret 2018

9 Software penting untuk desain bangunan

Di era global ini yang mana merupakan zaman modern dan canggih, penggunaan software atau aplikasi-aplikasi pada perangkat seperti laptop, komputer, maupun tablet merupakan hal yang biasa dilakukan oleh masyarakat umum.
Ada beberapa software yang digunakan dalam perancangan arsitektur untuk obyek 2D dan 3D, antara lain:

1. AutoCAD
AutoCAD merupakan salah satu perangkat lunak atau software yang biasanya paling umum digunakan dalam gambar perancangan berupa 2D. Program ini mempermudah para perancang bangunan dalam penerjemahan gambar rancangan dengan ukuran yang pasti sesuai dengan keadaan nyata di lapangan. Program ini dikembangkan oleh Autodesk Inc.

2. ArchiCAD

Program aplikasi software ini merupakan salah satu jenis software yang sering digunakan juga oleh para arsitek maupun desainer interior. ArchiCAD ini hampir sama dengan program aplikasi AutoCAD, namun software ini lebih dilengkapi dengan library komponen bangunan dan interior yang termasuk didalamnya komponen pencahayaan. Biasanya aplikasi ini lebih pas digunakan dalam proses desain interior. Software ini dirancang oleh Grafisoft pada tahun 1982.

3. Revit Architecture
Revit Architecture adalah software berbasis BuildingIinformation Modeling, atau yang biasa disingkat BIM. Software ini dirancang oleh perusahaan Autodesk. Terdapat empat jenis Revit yang dikenal dengan area kerja masing-masing, diantaranya Architecture (Arsitektur), MEP – Mechanical Electrical Plumbing (Mekanikal, Elektrikal, dan Perpipaan), Counstruction (Konstruksi), dan  Structure (Struktur). Software ini didesain khusus untuk para arsitek dan insinyur yang berkaitan dengan bangunan. BIM dimaksudkan untuk membuat dan menggunakan model virtual dari bangunan. Software ini dibangun untuk membangun model informasi atau BIM, yang merupakan kunci untuk desain berkelanjutan. Kehadiran Revit Architecture bukanlah sebagai software pengganti AutoCAD dan 3ds Max milik Autodesk yang sudah dikenal luas, melainkan lebih sebagai pelengkap yang mendukung kemudahan dalam bekerja.

4. SketchUp
SketchUp merupakan software rancangan gambar 3D yang paling mudah dalam penggunaannya dibanding dengan software 3D lainnya, seperti 3Dcad dan 3ds max. Awalnya SketchUp dikembangkan oleh @Last Software yang berlokasi di Boulder, Colorado yang didirikan pada tahun 1999 oleh founder Brad Schell dan Joe Esch.SketchUp dirilis pada Agustus 2000 dengan mengedepankan slogan “3D for Everyone” dan mengupayakan agar para desainer profesional dapat menuangkan karyanya semudah menggunakan pensil dan kertas, dan memiliki kebebasan berekspresi melalui gambar dengan interface yang mudah.

5. 3D Studio Max
3D Studio Max atau biasa yang dikenal dengan singkatan 3ds max merupakan suatu software untuk membuat sebuah grafik vektor 3 dimensi dan animasi. Software ini dirancang oleh Autodesk Media & Entertainment, namun dulunya dikenal sebagai Discreet and Kinetix. 3ds Max adalah salah satu software yang paling luas digunakan, karena beberapa alasan seperti penggunaan platform Microsoft Windows, kemampuan mengedit yang serba bisa, dan arsitektur plugin yang banyak.

6. Lumion
Lumion adalah sebuah software yang digunakan untuk membuat skenario 3D. Lumion dikenal memiliki real-time rendering dengan kualitas yang bagus. Karena dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, Lumion dapat digunakan untuk mengimpor objek dan melakukan pengaturan terhadap program lain sejenis Google Sketchup. Untuk menggunakan Lumion, tidak diperlukan proses instalasi seperti software-software lain, hanya dengan menyalin file seperti yang diberikan di tutorial-tutorial Lumion dan mengikuti petunjuk yang tersedia. Lumion juga dikenal sebagai satu-satunya software yang mampu membuat kombinasi movie editor dengan pilihan menu 3D yang sudah tersedia dalam program Lumion.

7. Blender
Blender adalah software untuk grafis 3D yang gratis dan populer di kalangan perancang. Blender dapat digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi. Software ini juga memiliki fitur untuk membuat permainan. Blender tersedia untuk berbagai sistem operasi. Pada tahun 1988 Ton Roosendaal mendanai perusahaan yang bergerak dibidang animasi yang dinamakan NeoGeo. NeoGeo berkembang pesat sehingga menjadi perusahaan animasi terbesar di Belanda dan salah satu perusahaan animasi terdepan di Eropa. Ton Roosendaal selain bertanggung jawab sebagai art director juga bertanggung jawab atas pengembangan software internal. Software ini dapat diperoleh di situs resminya yaitu blender.org. Software ini termasuk software dengan ukuran kecil dan dapat digunakan di berbagai macam OS, diantaranya Windows, Linux, Ubuntu dan lain-lain. 

8. Adobe Photoshop
Adobe Photoshop adalah program aplikasi desain yang berguna untuk mendesain gambar, mengedit gambar grafis, dan mengolah foto digital. Software Adobe Photoshop dibuat dan dikembangkan oleh Adobe Systems Incorporated, sebuah vendor / perusahaan terkemuka di bidang pengembangan perangkat lunak grafis dan multimedia. Toolbox yang tersedia dapat dipahami dan digunakan secara mudah dan cepat oleh pengguna yang masih belum berpengalaman sekalipun. Penggunaan Layer untuk memisahkan antar komponen gambar dan teks juga sangat membantu desainer dalam menyusun dan mengolah desainnya.


9. Corel Draw
Corel Draw merupakan sebuah software yang dapat digunakan untuk melakukan editing pada garis vektor. Program ini dibuat oleh Corel, sebuah perusahaan software yang berkantor pusat di Ottawa, Kanada. Corel draw memiliki kegunaan untuk mengolah gambar, sehingga banyak digunakan pada pekerjaan dalam bidang publikasi atau percetakan ataupun pekerjaan di bidang lain yang membutuhkan proses visualisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tegangan Lentur Balok Kayu

Contoh soal dan penyelesaian dalam perhitungan tegangan lentur maksimum pada sebuah balok kayu Semoga bermanfaat yang sedikit ini...